Tokyo - Rooftop dan pertanian perkotaan bawah tanah memikat pekerja muda kantor Jepang

Sebagai ibukota Jepang berjuang dengan masalah keamanan pangan dari pemanasan global untuk pengangguran, semakin banyak orang di kota metropolitan terkenal ramai menjadi petani kota, menanam tanaman di atas gedung tinggi atau bawah tanah.
Menanam ubi diatap gedung

Video Penyuluhan Peternakan di Lohdoyo Blitar Jawa Timur 2009

video

Penyuluhan di Lohdoyo Blitar Jawa Timur 2009

kedatangan kami ke Lohdoyo ini adalah untuk ke sekian kalinya dan bertujuan untuk mengirimkan pupuk organik, pakan ternak untuk kambing dan ayam. Disamping itu kami juga kangen dengan keramahan para peternak dan petani binaan yang ada disana.

berikut liputannya :

Sampailah kami di Lohdoyo

Sampailah kami di Lohdoyo 

Penyuluhan Di sebuah desa di Madiun Jawa Timur 2010

Coba lihat semangat mereka, Luar biasa bukan, Mereka mau untuk maju, namun tidak ada pembimbing yang mau peduli. Kami tamu yang tak diundang yang mencoba bersilaturahmi dan bertukar pengalaman. Hanya rumah ini yang paling bagus di daerah ini, dimana kami melakukan dialog di rumah kepala desa setempat. Tapi kalo semangat, gak perlu diragukan lagi. Heeeebaaaatt.......


Antusiasme Warga 
Antusiasme Warga 

Penyuluhan Pertanian dan Peternakan Organik di Gedeg Mojokerto Jawa Timur 2010

Pertemuan ini diprakarsai oleh seorah tokoh masyarakat  di Mojokerto yang menangkap ide sederhana kami harusnya bisa dan mampu dijalankan di wilayah Mojokerto. Kami mengangkat sebuah gagasan bahwa "SEHARUSNYA MOJOKERTO MAMPU SEBAGAI TERMINAL AGRO INDUSTRI DAN INDUSTRI PETERNAKAN JAWA TIMUR". 


Pertemuan dengan Masyarakat Mojokerto

 Hal ini kami ketengahkan karena semua produk pertanian dan peternakan yang masuk ke Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang, dan Pasuruan ternyata bukan dari Mojokerto, Namun dari Jombang, Kediri, Blitar. Padahal daerah - daerah tersebut membutuhkan biaya pengiriman yang harus dipenuhi agar hasil panen pertanian dan peternakan sampai ke kota - kota Industri tersebut. Jombang Hebat di pertanian dan Peternakan, Kediri juga hebat, apalagi Blitar, seharusnya Mojokerto harus bisa menyaingi daerah - daerah tersebut. Karena lebih dekat dengan konsumen Akhir.


Melihat Peternak yang Lebih Berhasil di Klampisan Mojokerto Jawa Timur 2010

Peternak yang satu ini Mungkin Harus ditiru oleh banyak orang di Mojokerto. Orangnya Kecil, tidak seberapa tinggi, namun punya tenaga dan manajemen waktu super hebat. Namanya Pak Muji, di Klampisan Mojokerto. Jawa Timur. Orangnya yang ramah, murah senyum dan suka bercanda membuat semua orang senang bergaul dengan beliau.

video

Pakan Lele dari Fermentasi Buah Pepaya

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pakan ikan lele, Beberapa peternak menggunakan pakan alternatif sebagai pakan penunjang disamping pakan jadi produksi pabrik. Salah satu caranya dengan melakukan fermentasi buah pepaya. Seperti yang terlihat pada gambar.  Buah pepaya yang busuk atau tidak dapat dimakan oeh manusia difermentasi dengan berbagai produk Fitobiotik Buatan Kami. Ada juga yang menambahkan Ampas kelapa untuk difermentasi. setelah 3 hari akan muncul belatung yang memiliki kandungan protein tinggi. Fermentasi ini juga bisa diberikan pada ternak lain seperti ayam maupun bebek. membuat ayam kamung dan ayam bangkok cepat besar dan giras (gesit).

Fermentasi Pepaya dan Ampas Keapa

Melihat Masalah di Peternakan Lele Klampisan Mojokerto Jawa Timur 2010

Mengawali, Tidak pernah ada yang Mudah, Kadang sangat Susah dan berliku. Hanya mereka yang tangguh yang selalu bertahan. Seperti pada peternak lele satu ini. Meski berkali - kali gagal karena berbagai faktor, namun terus dicoba dan terus diupayakan sampai berhasil. Belum lagi masalah yang timbul akibat air yang berbau. 

Kami datang hanya ingin melihat kondisi yang ada. Dan mencoba mendengar langsung dari narasumber tantang apa yang telah terjadi.

Kondisi Kolam Lele

Kondisi Kolam Lele 

Penyuluhan Pakan Ternak Kambing

Blijo, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur 2010

Peternak kambing yang kami datangi adalah salah satu peternak Kambing yang sederhana dalam beternak.
keluhan yang dirasa adalah bagaimana mendapatkan panen kambing yang maksimal.

Kami datang memberikan penyuluhan tentang peternakan kambing dan memberi contoh tentang pakan kambing yang lebih lengkap nutrisinya sebagai pengganti rumput - rumputan.

yang penting bisa berbagi ilmu dan pengalaman. Berikut liputannya :

Kambing

Kambing

Penyuluhan Pakan Sapi

Canggu, Mojokerto, Jawa Timur 2010
Peternak sapi yang kami datangi adalah salah satu peternak sapi yang cukup gigih dalam beternak.
keluhan yang dirasa adalah konsumsi rumput yang selama ini ditanam sendiri disebuah bidang lahan untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi ternyata selalu telat.

Sapi yang sedang diberi makan Rumput

Sapi yang sedang diberi makan Rumput 

Oven bebek dibelakang rumah

video
bebek ini di oven dengan menggunakan lampu 5 watt dan dibawah kandang diberi gamping dan sekam padi. Ketika tumpahan minum menyiram Gamping maka akan menghasilkan hawa panas yang menghangatkan tubuh bebek selama oven.

Biaya sangat ringan (Rp. 8000,- per 500 ekor bebek)
kematian bebek sangat kecil, hanya 1% selama 14 hari oven. biasanya karena tertindih teman - temannya.
Vaksin kami gunakan Fitobiotik buatan sendiri.
bebek sangat lincah dan sangat sehat.

Beternak ayam kampung di rumah

video
video

Pupuk Organik yang kami produksi di test kan di Departement Pertanian Mojokerto

video

Sebetulnya saya tidak mengerti apa artinya hasil test ini, namun mungkin teman teman mengerti dan bisa memberi komentar akan hasil uji pupuk organik ini. tentang :
1. Apa yang menjadi hasil pupuk organik ini jika diaplikasikan pada tanaman. ?
2. Selama ini ketika diaplikasikan ke tumbuhan hasilnya sangat baik, namun kalo belum ada faktor logis yang menerangkan kenapa bisa demikian, kok rasanya masih ganjel dihati.




Kondisi Kakao di Madiun

Meskipun tak seberapa kumengerti, tapi rasa ingin tahuku menembus terus lebih jauh.
video




Dari perjalananku, ada beberapa masukan yang ku dapat. 
1.     Kunjunganku dianggap aneh oleh orang sekitar, karena tidak ada korelasi dengan apa yang aku kerjakan. Kok mau blusukan ke hutan - hutan, naik - turun gunung, keluar masuk desa terpencil.
2.     Para petani disini bekerja bedasarkan pengalaman, tanpa pengetahuan yang baku, tanpa penyuluhan dari petugas yang teratur dan baik, (karena para penyuluh pertanian jarang sekali berkunjung dan memberi penyuluhan ke desa - desa) apalagi desa terpencil dan sangat sulit dijangkau, tanpa internet, dan tanpa pendidikan yang cukup, tidak tahu cara memupuk yang benar, selalu menjadi alat promosi produsen pupuk dan produsen pestisida tanpa memperdulikan target hasil (hanya dibodohi dan dipaksa secara halus dengan berbagai cara supaya mau)  . Tapi mereka tidak pernah berhenti mencoba.
3.     Kegagalan dalam mencoba dibayar oleh para petani dengan waktu dan kesabaran. Meskipun tanpa uand yang ada, namun selama kebun masih bisa menghidupi maka mereka masih semangat bertahan.
4.     Bagi mereka waktu itu berharga, bukan untuk mencari peluang dan menambah kekayaan, namun untuk menyatu dengan alam, menjawab teka - teki alam, dan bersyukur pada semua yang didapat.
5.     Berapapun hasil panen yang didapat, selalu disyukuri. bukan karena tidak mau berusaha lebih ngotot untuk mendapat penghidupan yang lebih baik. Namun karena akses informasi harga hasil panen dipasar tidak pernah didapat, sehingga hanya pasrah dengan penawaran para tengkulak. Mereka sudah bersyukur masih ada tengkulak yang mau membeli hasil panen mereka karena desa yang mereka tempati cukup terpencil.
6.     kesimpulannya, Petani - Penyuluh Pertanian - Tengkulak - Pasar - Pabik tidak ada sinergi, sehingga hanya petani yang menjadi korban paling lemah. Untuk produsen pupuk dan pestisida pertanian, saya mulai sangat tidak percaya dengan kalian.



Puas deh bereksperimen......
kini waktunya anda memberi komentar.

thanks


Contact us at : 
santosorising.blogspot.com
santosogreen.blogspot.com
0857.360.180.37





Penyuluhan Petani Kakao di Blentreng Mojokerto Jawa Timur 2009

Perjalananku di ujung desa Blentreng Mojokerto ini hanya untuk menyadarkan dan memberi penyuluhan terhadap para petani akan pentingnya menggunakan produk yang ramah lingkungan. meskipun sangat susah ditempuh dan cukup jauh namun kecintaanku terhadap kelestarian lingkungan selalu memberiku semangat baru.


video video

Puas deh bereksperimen......
kini waktunya anda memberi komentar.

thanks


Contact us at : 
santosorising.blogspot.com
santosogreen.blogspot.com
0857.360.180.37






Perjalanan Ke madiun 2009 Banyak Mangga Sepanjang Jalan

tahun 2009 tertarik saya menuju madiun, Jawa Timur, daerah yang luar biasa, dalam perjalanan kami menemukan hamparan pohon mangga sepanjang perjalanan, sayangnya saat kami berkunjung tidak dalam kondisi panen mangga, saya dengar produk mangga ini cukup bagus, dan banyak dikirim ke supermarket - supermarket di berbagai daerah.

Disayangkan, peran serta pemerintah setempat dalam penyuluhan pertanian dalam rangka peningkatan hasil panen sangatlah kurang, apalagi peran yang menunjang penjualan hasil panen yang memadai, sehingga para petani mangga ini bisa lebih menikmati hasil pertaniaannya.



video


Puas deh bereksperimen......
kini waktunya anda memberi komentar.

thanks


Contact us at : 
santosorising.blogspot.com
santosogreen.blogspot.com
0857.360.180.37


Hasil Pupuk Organik disebarluaskan

Tahun 2009Setelah berusaha membuat beberapa produk organik, maka kami melakukan uji kelayakan pada tumbuhan, semua tumbuhan dibawah ini dirawat secara normal oleh para petani namun tanpa penggunaan bahan kimia sedikitpun. Mulai pembarmi rumput, pupuk, pertisida, hingga ZPT menggunakan bahan - bahan organik.

tomat Organik

tomat Organik

RAGAM MEDIA TANAM


Media tanam merupakan komponen utama ketika akan bercocok tanam. Media tanam yang akan digunakan harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang ingin ditanam. Menentukan media tanam yang tepat dan standar untuk jenis tanaman yang berbeda habitat asalnya merupakan hal yang sulit. Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki kelembapan dan kecepatan angin yang berbeda. Secara umum, media tanam harus dapat menjaga kelembapan daerah sekitar akar, menyediakan cukup udara, dan dapat menahan ketersediaan unsur hara.

Jenis media tanam yang digunakan pada setiap daerah tidak selalu sama. Di Asia Tenggara, misalnya, sejak tahun 1940 menggunakan media tanam berupa pecahan batu bata, arang, sabut kelapa, kulit kelapa, atau batang pakis. Bahan-bahan tersebut juga tidak hanya digunakan secara tunggal, tetapi bisa dikombinasikan antara bahan satu dengan lainnya.
Misalnya, pakis dan arang dicampur dengan perbandingan tertentu hingga menjadi media tanam baru. Pakis juga bisa dicampur dengan pecahan batu bata.

Untuk mendapatkan media tanam yang baik dan sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam, seorang hobiis harus memiliki pemahaman mengenai karakteristik media tanam yang mungkin berbeda-beda dari setiap jenisnya. 8erdasarkan jenis bahan penyusunnya, media tanam dibedakan menjadi bahan organik dan anorganik.

A. Bahan Organik

Media tanam yang termasuk dalam kategori bahan organik umumnya berasal dari komponen organisme hidup, misalnya bagian dari tanaman seperti daun, batang, bunga, buah, atau kulit kayu. Penggunaan bahan organik sebagai media tanam jauh lebih unggul dibandingkan dengan bahan anorganik. Hal itu dikarenakan bahan organik sudah mampu menyediakan unsur-unsur hara bagi tanaman. Selain itu, bahan organik juga memiliki pori-pori makro dan mikro yang hampir seimbang sehingga sirkulasi udara yang dihasilkan cukup baik serta memiliki daya serap air yang tinggi.

Merintis dan Mencoba Bereksperimen dengan Pupuk Organik


Di  tahun 2009, jiwa petualangan mengusik saya untuk lebih mengenal dunia jauh lebih lebar dari sudut pandang yang yang berbeda dari yang saya geluti selama ini. Foto - foto ini saya ambil ketika kami kembali dari berpetualang dari berbagai daerah untuk memuaskan hati ini. Sambil Study tour ada manfaat dalam hidup aku yang bisa aku ceritakan ke anak cucu. Melepaskan kepenatan rutinitas di pekerjaanku mendesign berbagai mesin industri. Aku gak suka mancing dan camping ataupun hiking. Sebenarnya aku lebih suka aktivitas pantai dan diving. Yang penting penyaluran energi ini masih berorientasi ke hal positif. 

Hari itu mulai bereksperimen dengan pupuk..... kira - kira bisa nggak membuatnya. Tapi semua bisa belum bisa dilihat hasilnya sebelum dicoba. mulailah bikin kegiatan dibelakang rumah. 
















Semangka


Posting Lawas tahun 2008, tapi enak juga kalau diulas kembali. Bukannya berita basi, namun seharusnya indonesia bisa dan mampu memproduksi seperti ini, Bukankah semangka sangat cocok di Indonesia. disamping nilai jualnya juga bertambah, pasar Indonesia juga sangat berminat untuk menerima hasil panen semangka semacam ini. Waktu meninjau musim panas di jepang tentu ndak lepas dari namanya semangka atau di jepang disebut Tsuika, nah semangka ini bentuknya aneh banget, meski sih rasanya sama aja seperti semangka lainnya, tapi sensasi saat  melihat bentuknya yang aneh itu sangat menggoda. Harganya bisa mencapai $ 99 / biji


Brosur semangka jepang

Macam Semangka Unik

Semangka Piramida

Semangka Hati

Macam Semangka Unik

Jual semangka Laris manis
























Jepang seringkali mempunyai keterbatasan dalam hal tempat penyimpanan, terutama di daerah berpenduduk padat. Hal ini menjadi dilema bagi pemilik toko penjual makanan. Dan seperti swalayan pada umumnya, pemilik toko memiliki keterbatasan dalam meyimpan semangka. Semangka yang berbentuk bulat dan besar banyak memakan tempat penyimpanan. Hal inilah yang memunculkan ide bagi petani disana untuk membuat semangka berbentuk kotak. Dan walaupun sebelumnya sempat disangsikan keberhasilannya oleh banyak pihak. Faktanya, sekarang semangka kotak sudah tersedia.

Cetakan pembuat semangka kotak

Semangka Kotak

Design Unik Semangka Piramida


Harga semangka Kotak


















Film Singkong di Madiun

Di  tahun 2009, jiwa petualangan mengusik saya untuk lebih mengenal dunia jauh lebih lebar dari sudut pandang yang yang berbeda dari yang saya geluti selama ini. Foto - foto ini saya ambil ketika kami kembali dari berpetualang dari berbagai daerah untuk memuaskan hati ini. Sambil Study tour ada manfaat dalam hidup aku yang bisa aku ceritakan ke anak cucu. Melepaskan kepenatan rutinitas di pekerjaanku mendesign berbagai mesin industri. Aku gak suka mancing dan camping ataupun hiking. Sebenarnya aku lebih suka aktivitas pantai dan diving. Yang penting penyaluran energi ini masih berorientasi ke hal positif. 

Dari perjalananku, ada beberapa masukan yang ku dapat. 
1.     Kunjunganku dianggap aneh oleh orang sekitar, karena tidak ada korelasi dengan apa yang aku kerjakan. Kok mau blusukan ke hutan - hutan, naik - turun gunung, keluar masuk desa terpencil.
2.     Para petani disini bekerja bedasarkan pengalaman, tanpa pengetahuan yang baku, tanpa penyuluhan dari petugas yang teratur dan baik, (karena para penyuluh pertanian jarang sekali berkunjung dan memberi penyuluhan ke desa - desa) apalagi desa terpencil dan sangat sulit dijangkau, tanpa internet, dan tanpa pendidikan yang cukup, tidak tahu cara memupuk yang benar, selalu menjadi alat promosi produsen pupuk dan produsen pestisida tanpa memperdulikan target hasil (hanya dibodohi dan dipaksa secara halus dengan berbagai cara supaya mau)  . Tapi mereka tidak pernah berhenti mencoba.
3.     Kegagalan dalam mencoba dibayar oleh para petani dengan waktu dan kesabaran. Meskipun tanpa uand yang ada, namun selama kebun masih bisa menghidupi maka mereka masih semangat bertahan.
4.     Bagi mereka waktu itu berharga, bukan untuk mencari peluang dan menambah kekayaan, namun untuk menyatu dengan alam, menjawab teka - teki alam, dan bersyukur pada semua yang didapat.
5.     Berapapun hasil panen yang didapat, selalu disyukuri. bukan karena tidak mau berusaha lebih ngotot untuk mendapat penghidupan yang lebih baik. Namun karena akses informasi harga hasil panen dipasar tidak pernah didapat, sehingga hanya pasrah dengan penawaran para tengkulak. Mereka sudah bersyukur masih ada tengkulak yang mau membeli hasil panen mereka karena desa yang mereka tempati cukup terpencil.
6.     kesimpulannya, Petani - Penyuluh Pertanian - Tengkulak - Pasar - Pabik tidak ada sinergi, sehingga hanya petani yang menjadi korban paling lemah. Untuk produsen pupuk dan pestisida pertanian, saya mulai sangat tidak percaya dengan kalian.

Berikut oleh - oleh Video aktifitas yang ada.

video

Berbagai Jenis Singkong di Madiun

Di  tahun 2009, jiwa petualangan mengusik saya untuk lebih mengenal dunia jauh lebih lebar dari sudut pandang yang yang berbeda dari yang saya geluti selama ini. Foto - foto ini saya ambil ketika kami kembali dari berpetualang dari berbagai daerah untuk memuaskan hati ini. Sambil Study tour ada manfaat dalam hidup aku yang bisa aku ceritakan ke anak cucu. Melepaskan kepenatan rutinitas di pekerjaanku mendesign berbagai mesin industri. Aku gak suka mancing dan camping ataupun hiking. Sebenarnya aku lebih suka aktivitas pantai dan diving. Yang penting penyaluran energi ini masih berorientasi ke hal positif. 

Dari perjalananku, ada beberapa masukan yang ku dapat. 
1.     Kunjunganku dianggap aneh oleh orang sekitar, karena tidak ada korelasi dengan apa yang aku kerjakan. Kok mau blusukan ke hutan - hutan, naik - turun gunung, keluar masuk desa terpencil.
2.     Para petani disini bekerja bedasarkan pengalaman, tanpa pengetahuan yang baku, tanpa penyuluhan dari petugas yang teratur dan baik, (karena para penyuluh pertanian jarang sekali berkunjung dan memberi penyuluhan ke desa - desa) apalagi desa terpencil dan sangat sulit dijangkau, tanpa internet, dan tanpa pendidikan yang cukup, tidak tahu cara memupuk yang benar, selalu menjadi alat promosi produsen pupuk dan produsen pestisida tanpa memperdulikan target hasil (hanya dibodohi dan dipaksa secara halus dengan berbagai cara supaya mau)  . Tapi mereka tidak pernah berhenti mencoba.
3.     Kegagalan dalam mencoba dibayar oleh para petani dengan waktu dan kesabaran. Meskipun tanpa uand yang ada, namun selama kebun masih bisa menghidupi maka mereka masih semangat bertahan.
4.     Bagi mereka waktu itu berharga, bukan untuk mencari peluang dan menambah kekayaan, namun untuk menyatu dengan alam, menjawab teka - teki alam, dan bersyukur pada semua yang didapat.
5.     Berapapun hasil panen yang didapat, selalu disyukuri. bukan karena tidak mau berusaha lebih ngotot untuk mendapat penghidupan yang lebih baik. Namun karena akses informasi harga hasil panen dipasar tidak pernah didapat, sehingga hanya pasrah dengan penawaran para tengkulak. Mereka sudah bersyukur masih ada tengkulak yang mau membeli hasil panen mereka karena desa yang mereka tempati cukup terpencil.
6.     kesimpulannya, Petani - Penyuluh Pertanian - Tengkulak - Pasar - Pabik tidak ada sinergi, sehingga hanya petani yang menjadi korban paling lemah. Untuk produsen pupuk dan pestisida pertanian, saya mulai sangat tidak percaya dengan kalian.

Berikut oleh - oleh foto aktifitas yang ada.



Bentuk Pohon dari singkong Jenis 1 

Hamparan Tanaman Singkong di Madiun

Di  tahun 2009, jiwa petualangan mengusik saya untuk lebih mengenal dunia jauh lebih lebar dari sudut pandang yang yang berbeda dari yang saya geluti selama ini. Foto - foto ini saya ambil ketika kami kembali dari berpetualang dari berbagai daerah untuk memuaskan hati ini. Sambil Study tour ada manfaat dalam hidup aku yang bisa aku ceritakan ke anak cucu. Melepaskan kepenatan rutinitas di pekerjaanku mendesign berbagai mesin industri. Aku gak suka mancing dan camping ataupun hiking. Sebenarnya aku lebih suka aktivitas pantai dan diving. Yang penting penyaluran energi ini masih berorientasi ke hal positif. 

kali ini perjalananku ke daerah yang dikenal sebagai Brem nya. namun yang dijumpai bukan Brem namun hamparan singkong yang sangat luas. Madiun..... Daerah yang luar biasa. Berikut Foto - Fotonya :

Sejauh mata memandang, hamparan tanaman singkong